Apa itu Bisnis Online?

Blog mas Aan - Mungkin diantara kalian semua masih belum ada yang mengerti mengenai apa itu bisnis online. menurut saya, Bisnis online merupakan bisnis apapun itu yang dijalankan melalui media Internet (Online).

Maka segala macam aktifitas yang terkait dengan pemasaran produk atau jasa yang dilakukan melalui internet bisa kita namakan bisnis online.

bisnis online internet

Sebuah bisnis yang dijalankan secara offline misalnya membuka toko mobil, toko sepatu, toko baju dan lainnya bisa jadi bisnis online apabila tokonya dibuka di internet.

Dan menurut saya, ada 3 komponen penting dalam bisnis online yang harus ada. Apa saja itu?

1. Produk
Ya tentu saja, namanya pemasaran ya harus ada produk yang akan dipasarkan. Produk ini banyak macamnya, ada produk digital, ada produk fisik ada jasa digital, ada jasa fisik, dll. Intinya apapun yang bisa ditukar dengan uang kita namakan PRODUK. Jika anda punya teman yang memiliki kemampuan tertentu yang unik misalnya menggambar doodle, maka anda sudah punya calon produk untuk dipasarkan hehehe…

2. Website
Produk sudah punya, selanjutnya tentu adalah tempat / lapak jualan. Website ini tidak harus website milik kita sendiri, bisa juga website milik orang lain seperti tokopedia, facebook, google plus, twitter, instagram, dll. Bisa juga memanfaatkan layanan penyedia blog seperti blogger, blogdetik, dll. Pokoknya apapun layanan online yang bisa kita manfaatkan untuk meletakkan display produk, kita namakan WEBSITE. Tapi tentu saja, sangat penting untuk memiliki website pribadi sehingga kita bisa mengontrol segala hal dalam bisnis kita daripada meletakkan di lapak atau website orang lain.

3. Strategi Pemasaran
Ada produk, sudah diletakkan di website tapi gak punya strategi pemasaran yang mumpuni ya sama saja dengan membuka toko di tengah hutan. Gak ada yang tahu. Walaupun itu produk paling dahsyat di dunia kalau pemasarannya payah maka penjualannyapun bisa dipastikan payah. Maka strategi pemasaran adalah bagian penting dalam bisnis online.

Sementara cukup sekian dulu artikel tentang apa itu bisnis online, nanti akan saya sambung lagi pada artikel berikutnya yaitu Bagaimana cara memulai bisnis online?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel