Penyebab kartu memori card error, rusak, minta di format

Blog mas Aan - MicroSD atau biasa disebut memory card merupakan benda yang harus ada di smartphone. Bentuknya yang kecil dapat menampung berbagai macam data mulai dari foto, lagu, video, dokumen, aplikasi, games, dll dengan kapasitas yang tersedia mulai dari ukuran 2 GB sampai 128 GB.

Meski telah banyak smartphone yang mempunyai memori internal berukuran cukup besar, namun tetap saja kita masih membutuhkan sebuah memori eksternal berupa SDcard untuk menyimpan lebih banyak berbagai macam data penting yang kita miliki.

Namun, masalah bisa saja datang tiba-tiba pada memori card smartphone anda, entah itu MicroSD tidak terbaca, corrupted, minta diformat dan lainnya. Kerusakan pada memori card memang sering terjadi pada sebuah smartphone bersistem operasi Android ini.

mengatasi masalah memory card tidak terdeteksi

Banyak dijumpai pengguna smartphone robot ijo mengalami hal serupa yaitu yaitu kartu memori tidak terbaca/rusak. Padahal, seperti yang kita ketahui, dalam memori tersebut tersimpan banyak aplikasi, sehingga apabila rusak aplikasi yang sudah tersimpan tidak bisa dijalankan. Begitu juga dengan pemutar lagu yang otomatis tidak bisa diputar karena file lagu biasanya disimpan di kartu memori.

Penyebab memori card tak terbaca/error tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor seperti virus atau system error. Tentunya hal tersebut membuat beberapa pengguna merasa kesal karena tak dapat mengakses file yang disimpan pada ponsel.

Lantas apa saja penyebab dan cara mengatasi Memori Card tidak Terdeteksi / Tidak Terbaca? Silakan simak ulasanya di bawah ini.

Ponsel di Hinggapi Virus

Faktor utama yang membuat memori card tidak terbaca adalah dikarenakan adanya virus pada memori card tersebut. Berbagai macam virus akan terus menerus bermunculan dan menyerang memori, sehingga memori tak dapat berfungsi secara normal. Jika Anda dihadapkan dengan masalah ini, maka cara mengatasinya dengan cara berikan ponsel aplikasi antivirus.

Memori Card Terkunci

Kendala lain yang mengakibatkan memori card tak terbaca dikarenakan Anda lupa password yang telah dimasukkan, sehingga menyebabkan memory card terkunci. Untuk mengatasinya, colokan microSD ke PC, lalu masuk ke C:systemMMCstore.ini baca mmcstore.ini dengan notepad atau menggunakan aplikasi MMCpwd.sls.

System Error

Alasan memori card tak terbaca ponsel bisa disebabkan oleh microSD mengalami kerusakan atau system error. Hal ini biasanya terjadi pada memory card yang kurang berkualitas. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda hanya perlu mengambil memory card dari ponsel, lalu gunakan card reader untuk melakukan langkah praktis.

Pertama, setelah card reader terkoneksi dengan komputer, copy data-data yang diperlukan dalam komputer. Setelah itu, format memori card dan kemudian setelah format selesai, Anda dapat mengisi kembali data yang tersimpan via komputer.

Perlu diketahui, beberapa cara diatas hanya ampuh apabila kerusakan yang terjadi bukan pada kerusakan fisik seperti retak atau patah. Melainkan hanya kesalahan data atau aplikasi yang terdapat pada ponsel android anda. Semoga bermanfaat...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel