Cara mudah Upgrade Windows 10

Blog mas Aan - Buat kamu pengguna desktop PC, pastinya kamu sudah tidak sabar menunggu datangnya sistem operasi terbaru dari Microsoft, yaitu Windows 10.

Windows 10 banyak menjadi bahan perbincangan hangat di kalangan pengguna PC belakangan ini. Jelas saja, sistem operasi terbaru ini merupakan edisi lengkap dari Windows yang diprediksi akan menjadi terbaik dari yang terbaik.

Pada tanggal 29 juli 2015 kemarin, sistem operasi Windows 10 ini secara resmi diluncurkan di seluruh dunia. Buat kamu pengguna desktop PC dengan sistem operasi Windows 7 dan Windows 8.1, kamu bisa menikmati sistem operasi ini dengan melakukan upgrade terlebih dahulu.

windows 10
Inilah tampilan Windows 10

Upgrade Windows 10 diberikan secara cuma-cuma alias gratis kepada semua pengguna Windows 7 SP1 dan Windows 8.1 yang memiliki lisensi yang resmi (

Kali ini, saya akan memberikan sedikit tutorial bagaimana cara melakukan upgrade ke Windows 10 seperti berikut ini.

Perhatikan jenis sistem operasi

Pastikan kembali bahwa PC kamu berjalan di sistem operasi Windows 7 atau Windows 8.1, kamu tidak akan bisa meng-upgrade ke Windows 10 jika PC kamu berjalan di bawah sistem operasi Windows Vista.

Perlu diperhatikan pula, bahwa user Windows 10 hanya memiliki waktu satu tahun untuk bisa menikmati Windows 10 secara gratis. Setelahnya, akan ada subscription upgrade berbayar.

Windows 10 pun akan menjadi sistem operasi `terakhir` Windows karena upgrade berikutnya hanya muncul secara minor, mekanisme upgrade ini serupa dengan cara yang dilakukan Apple dengan OS X-nya.

Back up sistem

Sebelum kamu menerima notifikasi upgrade, pastikan kamu telah melakukan backup sistem data pada PC kamu terlebih dahulu.

Sangat direkomendasikan untuk menyimpan data kamu di layanan cloud Microsoft OneDrive, akan lebih baik jika data penting kamu disimpan pada layanan tersebut.

Cek kembali system requirements

Meskipun kamu sangat yakin dapat meng-upgrade ke Windows 10 lantaran memiliki sistem operasi Windows 7 atau 8.1, pastikan kembali bahwa PC kamu mampu menjalankan sistem operasi Windows 10 berdasarkan dari system requirements yang dibutuhkan, serta berapa banyak kapasitas penyimpanan yang akan habis pada storage PC kamu.

Tunggu notifikasi upgrade

Setelah melakukan ketiga cara diatas, kamu secara teknis bisa langsung meng-upgrade PC kamu ke Windows 10.

Namun, bagaimana caranya? kamu tunggu notifikasi upgrade yang akan muncul secara pop-up. Setelah notifikasi upgrade muncul, ikuti langkah instalasi yang diberikan.

notifikasi upgrade windows 10
Contoh pemberitahuan upgrade windows 10 di windows 7

Setelah itu, PC kamu akan menginstal Windows 10 kurang lebih selama satu jam (20 menit untuk perangkat PC terbaru). Jika sudah selesai, maka PC kamu secara otomatis telah terinstall Windows 10.

Semoga tips yang saya bagikan diatas dapat bermanfaat untuk anda. Salam hangat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel